Skip to main content

Dipaksa Dinas Luar Kota Saat masih Sakit Gerd Anxiety

Pada bulan September 2018, itu adalah waktu dimana saya berjuang melawan sakit Asam Lambung Gerd Anxiety dengan menerapkan 3P, Alhamdulillah sebenarnya saya sudah membaik dari bulan-bulan sebelumnya. Sudah merasakan nikmatnya makan, nikmatnya nonton film, TV, dan lain-lain. Apakah saya sudah sembuh ? Belum, tingkat kesembuhan saat itu bisa saya kasih nilai 35%.

Setiap hari sudah antree dengan ibu-ibu beli sarapan di warung depan kos, dan kalian pasti tahu tipikal ibu-ibu seperti apa, yang sangat suka sekali mendahului antree, padahal saya belum kuat berdiri lama-lama, badan masih goyang seakan mau jatuh. Yaah, itulah salah satu nikmatnya sakit ini.

Mandi pagi jam 7 pagi, sambil mendengarkan musik, karena di dalam kamar mandi saya takut sendirian, ya begitulah orang punya sakit anxiety, kemudian berangkat kerja kantor jam 7.30 pagi.

Bekerja dengan normal, saya buat enjoy, dibarengi satu jam sekali makan biskuit karena lambung tidak boleh kosong, setiap hari saya membawa biskuit sampai-sampai di juluki teman saya seksi konsumsi, bodo amat, elu juga minta biskuit gue kali wkwk. Kenapa saya selalu makan ?? karena saya pernah suatu saat badan terasa tidak nyaman, tidak enak, pikiran kemana-kemana, saat itu saya mencoba untuk makan atau ngemil, dan badan enak kembali mood kembali positif, pikiran tenang, saat itu saya mempunyai semboyan "Apapun yang terjadi, tetaplah makan". 

Rata-rata orang sakit asam lambung gerd anxiety, berat badan turun, nah saya malah naik, awal-awal aja turun 4 kg, setelah itu naik kembali, karena saya berselera makan terus, alhamdulillah tidak pernah muntah. 

Dikantor sangat disiplin makan, tidak pernah telat, dan pulang kerja jam setengah 5 sore, pulang ke kos di barengi dengan membeli nasi sayur untuk makan nanti malam, pada malam hari saya sengaja mencari hiburan, entah itu saya keluar sendiri jalan2 menggunakan motor mengelilingi kota semarang, atau saya nonton film di kos, atau youtubean, atau belanja online, intinya saya harus bahagia. ini kunci kesembuhan saya, bahagia adalah kunci kesembuhan Gerd Anxiety.

Namun pada saat akhir bulan September 2018, saya mendapat tugas dari tempat kerja saya untuk ke Jakarta. Wah seketika badan yang tadi enak-enak saja, sekarang semua sensasi datang kembali, cemas, kepala sakit, berat, pusing, kliyengan, perut begah, sendawa terus-terusan, pokoknya sangat tidak nyaman guys..

Udah gitu naiknya pesawat pula, wah tambah cemas, mana lagi aku takut ketinggian. Tapi mau izin gak ikut karena sakit kok dari luar terlihat baik-baik saja. Serba salah pokoknya.

Tapi saya paksakan untuk tetap berangkat, apakah saya kena serangan cemas, panik ?? Pastinya.. saya terkena saat pesawat mulai jalan kencang, untuk take off.

Saya takut karena saya terbayang2, sebelumnya ada berita pesawat lion air jatuh, menewaskan banyak orang termasuk teman saya...

Jantung berdebar-debar, mual, nafas sesak rasa ingin pingsan, saya panik sekali sampai saya meminta tolong pramugarinya, saya sebenarnya malu, saat pramugarinya tanya, "Kenapa mas ?" saya hanya bilang "Biasa kak, saya panikan gini..".

Sensasi itu saya tahan, untuk jarak semarang - jakarta hanya 50 menit. Setelah pesawat landing saya baru tenang seperti semula, wah kekuatan pikiran memang sangat dahsyat sekali, sampai efeknya ke fisik juga.

Inilah yang dinamakan Psikosomatis Guys... 

Jadi selama 7 hari saya tugas luar kota di jakarta waktu itu, bareng2 sih sama teman2 ber 5 orang, dan tantangan demi tantangan mulai datang, karena ini pola kehidupan yang berbeda dari sebelumnya yg bisa makan tepat waktu, sarapan, istirahat, tidur 8 jam.. tapi kalo sudah seperti ini apa boleh buat ? kan semuanya bareng2 sama teman2, akhirnya mau gk mau ya ngikutin kemana mereka berkehendak.

Orang yg punya gerd anxiety, susah untuk beranjak dari zona nyaman, buat bepergian aja cemas, apalagi menghadapi kehidupan yang baru, gak nyaman sekali..

Apalagi harus mengatur pola hidup yang baik, makan harus teratur, dan banyak pantangan, gk boleh kecapean, harus banyak istirahat..

Tetapi saat dijakarta, apabisa pulang jam 4 sore ? yg ada kena macet. Pulang rata2 jam 10 mlm baru sampe apartemen, saat itu saya di Kalibata City..

Disela2 waktu itu, pasti teman2 pada jalan2 di mall, ya saya ikutan jalan2 walaupun dengan kecemasan yg berlebih, panik2an, karena jadwal makan yg tidak teratur, akhirnya sensasi2 pun datang kembali.. sensasi yg datang yaa seperti biasanya, perut kembung, sendawa terus2an, kliyengan kepala, off balance, rasa2 ingin pingsan..

Sehari dua hari sampai 3 hari berlalu, tetapi kecemasan2 yg saya takutkan 100% tidak ada yg terjadi..

Dari sini lah saya mulai memberanikan diri, dan mengabaikan kecemasan2 itu, alhamdulillah semua aktifitas berjalan lancar tanpa terkendali..

Comments

Popular posts from this blog

Berbulan-bulan Ku Lalui Demi Sembuh GERD Anxiety

Saat 4 bulan sensasi tidak kunjung sembuh, ya cuma membaik sih tapi gak sembuh total.. dari situ aku kembali checkup dokter lagi, dan dokter menyarankan untuk endoskopi, lantas saya pun menyetujuinya langsung.. biaya yg tidak di cover BPJS, namun saya tetap mau melakukan itu, namun dokternya mengarankan di RS lain saja yg bisa pake BPJS, Oke akhir nya saya turutin. Yah tapi ternyata alatnya lagi rusak, harus menunggu di betulkan dulu, tapi sampe 2 bulan gk ada kabar dari RS.. akhirnya sampe sekarang saya blm pernah endoskopi. Ingin rasanya melakukan endoskopi karena saya takut ada apa-apa didalam perut saya, tapi sampai detik ini pun belum pernah melakukan endoskopi. Saya lalui hari-demi hari dengan sensasi GERD Anxiety, namun saya tetap menerapkan pola hidup sehat 3P, berangsur-angsur sensasi reda walaupun sedikit-sedikit. Sudah tidak berdebar-debar lagi, sudah tidak keringat dingin lagi. Namun kepala kliyengan masih, kembung, sendawa, cemas masih tetap. Memang tidak seperti s

Menjalani Ritual 3P Agar Sembuh Gerd & Anxiety

Anda bisa membaca artikel saya dari awal silahkan klik link berikut  Awal mula terkena GERD Setelah dua bulan saya kebingungan akan sensasi yang saya rasakan karena sakit ini dan berat badan turun sekitar 4kg, akhirnya saya memahami apa yg boleh dan tidak boleh dilakukan untuk menyembuhkan sakit ini. Dibulan september 2018 ini saya memulai ritual saya menjalani 3P. Berat badan turun 4kg bukan suatu yg berlebihan, jujur saja saat sakit ini juga saya tidak pernah muntah, nafsu makan tetap ada dan masih enak untuk makan. Rasa mual pasti ada namun tidak sampai muntah, rasanya itu jika tidak makan mual, sehabis makan pun mual, serba salah, belum lagi sensasi panas di dada, berdebar2, detak jantung tidak karuan, terkadang berdetak kencang, dan berdegup kencang. 3P adalah menerapkan pola makan, pola hidup dan pola pikir yg baik. Untuk makan hindari yang pedas, asam, pahit, berminyak, berlemak, banyak mengandung gas semua harus dihindari, Kopi, alhokol, softdrink

Mendapat Setitik Harapan Sembuh Gerd & Anxiety

Anda bisa membaca artikel saya dari awal silahkan klik link berikut  Awal mula terkena GERD Bulan Agustus 2018 adalah bulan terberat saya awalnya karena sudah sering tidak berangkat kerja gara-gara anxiety & panik attack di bulan Juli 2019, dibulan agustus ini saya harus tetap berangkat kerja karena ini demi kelangsungan hidup saya agar tetap bisa dapat penghasilan untuk sehari-hari. Akhirnya dibulan agustus itu saya berangkat kerja dengan sejuta sensasi Gerd yang ada, namun satu hari setelah berangkat kerja, panik attack pun terjadi tidak terhindarkan. Rasa jantung berdebar, sesak nafas seakan udara tidak masuk kedalam tubuh dan rasa-rasa ingin pingsan. Merasa tidak kuat saya memberanikan diri untuk pulang kembali ke kampung halaman menggunakan BUS. Jadwal BUS jam 7.00 malam, namun yang namanya BUS pasti telat menjadi jam 8.30 malam. Panik, Anxiety pun melanda. Namun setelah naik BUS, saya merasa lebih tenang dan tidak terjadi gejala apapun. Di dalam bus pun saya m